22 January 2017

Kuliner di Tuban : Wedang Uwoh Khas Yogya Dan Ketan Susu Warung w.a.p.r.e.s Daun Jeruk



 
W.a.p.r.e.s Daun Jeruk. Nama yang Unik. Dan seunik namanya kita pun akan disuguhi dengan kuliner yang unik dan menyegarkan di warung ini.  Diantaranya adalah wedang uwuh serta tansu.

Wedang uwuh dan tansu memang bukan kuliner khas Tuban. Akan tetapi merupakan bagian dari kekayaan kuliner Indonesia yang telah tersedia di kota Tuban.

Kuliner asli Tuban sendiri sebenarnya beragam. Ada becek menthok yang membikin orang ketagihan , garang asem yang segarnya minta ampun saat disruput, kare rajungan yang menggigit lidah, pepes belut lengkap dengan nasi jagungnya  serta masih banyak lagi terutama masakan seafoodnya karena Tuban merupakan kota pesisir. 

 Akan tetapi, untuk kali pertama ini, sedikit ulasan kuliner saya terfokus kepada warung W.a.p.r.e.s Daun Jeruk. Ada dua alasan kenapa w.a.p.r.e.s daun jeruk  yaitu karena berada di Tuban dan karena posisi warung merupakan warung kuliner terdekat dari rumah saya. Dan Itulah diantara syarat tulisan yang disepakati oleh Komunitas Blogger Tuban.




Jadi ceritanya nih, para anggota  Komunitas Blogger Tuban sedang dan terus berupaya mengangkat semua potensi yang ada di kota Tuban dan melestarikannya melalui tulisan di blog masing-masing. Suatu langkah yang kongkret dan mantap kan?

Kembali ke warung W.a.p.r.es. Daun Jeruk ya guys...
Di warung ini sebenarnya tersedia beberapa menu mie, tansu, wedang, kopi dan juga es. Akan tetapi brand nya adalah wedang uwuh dan tansu durian. 

Dahulu kala wedang uwuh ini adalah minuman yang khusus disajikan kepada para raja-raja imogiri Yogyakarta. Terdiri dari jahe, kayu secang, kayu manis, daun kayu manis, pala, kapulaga, akar sereh, daun sereh, daun cengkeh, bunga cengkeh, batang cengkeh, ditambah gula batu. Suatu  komposisi dari tanaman  herbal yang sudah terbukti kasiatnya bagi kesehatan. Diantaranya adalah kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas yang saat ini sudah sangat parah di lingkungan. Dan wedang uwuh di warung ini bisa kita nikmati kesegarannya cukup dengan harga 6 k saja. Sungguh murah tapi tidak murahan untuk segelas minuman yang kaya manfaat bagi tubuh.

                                                   (Menikmati wedang uwoh )

 Bagi yang ingin membuat sendiri di rumah, tersedia juga bahan wedang uwuh yang sudah dikemas kecil lengkap dengan gula batunya. Cukup dengan mengeluarkan 17.500 rupiah kita sudah bisa menikmatinya untuk 5 gelas. Sangat mudah dan praktis tentunya. Atau kalau untuk persediaan banyak bisa sekalian beli satu keranjang bahan wedang uwoh.



                                               

                                                                       ( rajikan untuk wedang uwoh )




Menu andalan lain yang ada di wapres Daun Jeruk adalah tansu. Singkatan dari ketan susu. Menu olahan tansu yang disajikan di Indonesia ada yang berkuah seperti tansu dari kemayoran Jakarta dan ada juga yang kering tapi legit seperti tansu di kampung Inggris Pare Kediri. Di warung ini kita akan menikmati dua versi tansu di atas  dengan tapping yang sangat bervariasi. Dan pada hari-hari tertentu tersedia secara khusus tansu durian. Nikmat sekali. Bisa diantar ke rumah lho!


                                                                            (Tansu durian )


Yang tak kalah menarik dari w.a.p.r.e.s daun Jeruk adalah tempatnya. Bagi kamu yang berjiwa seni atau yang pernah tinggal di kota seni seperti Yogyakarta saya jamin akan senang dengan suasananya. Dengan atap dari daun welit, meja dari mesin jahit yang sudah tidak terpakai, ban besar mobil, lukisan yang ada di dinding warung dan lain-lain yang artistik membuat hati terasa nyaman dan betah. Apalagi ada wifi gratisnya juga.  









Jika masih belum terpuaskan juga oleh nuansa seni di warungnya, pengunjung mungkin bisa meminta izin untuk melihat-lihat galeri lukisan yang ada di sana. Lho, kok ada galeri lukisannya? Iya guys...pemilik warung tersebut di atas adalah seorang seniman terkenal di kota Tuban. Beliau juga founder di NgeLir Adv. Namanya Bapak Muchlis Zahidy. Dan Rumah beliau tepat berada di belakang warung kulinernya. Bisa dilihat akun fb ya..





Oke..semoga dengan ulasan yang singkat ini para pembaca terutama warga Tuban dan sekitarnya penasaran dan segera melirik jadwal untuk segera meluncur ke lokasi.





Selamat menikmati sajian kuliner di W.a.p.r.e.s. Daun jeruk....

Alamat :
Jl.Asrama Haji no 25 Tuban-Jawa Timur.           telp.085731324777-08155782222
Buka : Setiap hari mulai pukul 06.00-24.00 wib.



Sumber foto : dok.pribadi.
Post a Comment