08 June 2016

Beli Pernak Pernik Lebaran ? Jangan Lupa Beli Buku Baru Juga ya !

        Sudah menjadi kebiasaan sebagian orang dari kita (kemungkinan kita sendiri termasuk ya ?), saat memasuki bulan Ramadhan maka saat itu pula mulai memikirkan persiapan untuk menghadapi lebaran. Bahkan bisa jadi jauh hari sebelum bulan Ramadhan tiba. Mulai dari hal kecil sampai hal besar sepertinya ada yang harus update tiap lebaran. Entah toples untuk tempat makanan, gorden , cat rumah, mukena, baju, perabotan rumah, alat elektronik. Tak ketinggalan ada pula yang mengupdate alat transportasi keluarga  seperti mobil. Tentu beragam alasan yang terucapkan. Jika ditulis, beberapa alasan kenapa harus update hal-hal tersebut di atas adalah :
  • karena dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad saw ( baju baru )
  • karena ingin menghormati tamu yang datang ( makanan )
  • karena ingin berbagi rezeki ( angpao )
  • karena ingin menunjukkan kesuksesan
  • dll 
        Menilik beragam alasan yang ada tentunya sah-sah saja update segala hal yang berhubungan dengan lebaran. Apalagi jika niatnya bagus. Maka bisa menjadi perbuatan yang berpahala lho! Dan tentunya jangan sampai melupakan ibadah puasanya ya. Karena sesungguhnya mereka yang berlebaran dengan sempurna di bulan Syawal adalah mereka yang beribadah semaksimal mungkin di bulan Ramadhan. Mulai dari puasa yang full sebulan, membaca al-Quran, mendirikan shalat tarawih, gemar bersedekah, berbagi ta'jil, i'tikaf , dan ibadah-ibadah yang lain. Merekalah golongan yang akan menyandang predikat "kembali suci". Semoga kita semua termasuk bagian dari mereka, amin.


       Kembali ke persoalan pernak-pernik lebaran. Kira-kira pernahkah terpikir untuk memasukkan buku baru ke pernak-pernik lebaran ? Jujur, selama ini saya juga belum pernah melakukannya. Dan baru tadi pagi terlintas akan hal itu, kemudian saya tuangkan dalam tulisan ini. Entah kenapa baru muncul ide tersebut. Bisa jadi karena melihat minat beli buku di masyarakat yang masih perlu ditingkatkan lagi.  Padahal sudah tahu kalau buku itu salah satu sarana penting untuk update hati dan pikiran kita. Tapi semangat membeli buku baru masih kurang dibanding dengan semangat membeli baju baju, toples baru, dst. Dan Lebaran adalah momen yang tepat untuk itu. Maka, marilah kita mulai sekarang memasukkan buku baru sebagai bagian dari daftar pernak pernik lebaran !

      Beli pernak-pernik lebaran ? beli buku baru juga ya !


#atin5757
8 Juni 2016
 
Post a Comment