21 March 2016

Pengalaman Pertama Bersama Internet

Perkenalan saya dengan internet dimulai sekitar tahun 1997-1998. Waktu itu saya diajak oleh teman sekamar di Pondok Pesantren Krapyak yang berstatus mahasiswa Universitas Gajah Mada untuk mengikuti pelatihan tentang IT di UPN Veteran.

Saya datang ke lokasi bersama Mbak Memy, begitu panggilan akrabnya
dengan perasaan penuh gejolak. Bagaimana tidak ? Lha wong menyalakan komputer saja saya masih lupa lupa ingat!. Begitulah saya, seringkali sok pede, padahal hanya modal penasaran dan ingin tahu banyak hal serta mencari pengalaman.

Salah satu pembicaranya sangat aku ingat sampai sekarang. Namanya Bapak Roy Suryo. Pakar IT dan sekarang juga semakin terkenal semenjak ikut bursa cagub-cawagub DKI Jakarta. Selamat berjuang meraih simpati masyarakat DKI Jakarta Pak!.

Selama materi disampaikan saya hanya terdiam, berusaha mendengarkan dengan sepenuh pikiran walau kenyataannya saya semakin bingung saja begitu materi web, pemograman, domain, dan lain-lain mulai dikupas. Pusiiing. Hahaha.

Ya ya, Pak Roy bilang, dunia akan semakin sempit saja. Dengan IT dunia akan dalam genggaman. Dan generasi muda terutama mahasiswa dituntut untuk menguasai IT agar mampu menghadapi tantangan zaman. Lalu beliau mengajak kami untuk menyimak percakapan beliau dengan seseorang di luar negeri. Lewat video call. Wuih. Saya benar-benar terpana. Kok bisa ya?

Dan, tibalah saat untuk praktek. Kami mendapatkan satu komputer untuk satu peserta. Keren sekali. Tapi bukannya senang, saya malah menolak dengan sungguh-sungguh. Hihihi. Dengan terus terang tapi malu-malu saya sampaikan kepada panitia yang mendampingi bahwa saya belum bisa menggunakan komputer. Dan dengan ramah pula panitia bilang" tidak apa-apa mbak, dicoba dulu". Wah salut. Rasa malu saya sedikit berkurang deh.

Endingnya bisa ditebak, saat peserta lain termasuk Mbak Memy sibuk otak atik tentang web, domain, dll, saya sibuk belajar sendiri. Belajar menyalakan dan mengetik. Hahaha. Pengalaman yang tak terlupakan.

Mbak Memy teman baik saya sekarang adalah dosen di sebuah kampus di kota Jember, Jawa Timur. Entah dia masih mengingat pengalaman mengajak saya yang sok pede ini atau tidak. Suatu saat akan saya tanyakan.



Tuban, 21 Maret 2016
#atin5757









Post a Comment