19 March 2016

Mencari Ilmu


عليكم ورحمة الله وبركاته


الحمد لله رب العالمين وبه نستعين وعلى امورالدنيا والد ين والصلاة والسلام على سيدنا ومولانا محمد وعلى اله اصحابه اجمعين اما بعد

Dewan juri yang kami hormati,
Dewan asatidz yang kami taati,
Dan teman-teman yang berbahagia.
Alhamdulillah, berkat nikmat iman dan kesehatan dari Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, pada hari yang cerah ini, kita dipertemukan kembali dalam suasana yang penuh keceriaan. Teriring doa, semoga semua yang hadir dalam acara ini,  hidupnya   akan lebih berkah. Amin.
Baiklah, pada kesempatan ini, saya akan berceramah dengan judul :
MENCARI ILMU
Teman-teman...bagaimana kabar kalian semua hari ini ? ( ulangi jika belum ada respon yang meriah ). (Alhamdulillah luar biasa Allahu Akbar ).
Rasulullah Muhammad saw bersabda :
 طلب العلم فريضة علي كل مسلم
“ Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi kaum muslimin”. Pertanyaannya, Mengapa kita wajib mencari ilmu ?
Hadirin sekalian yang dirahmati Allah...
Ilmu itu sangat penting bagi kehidupan manusia di dunia ini. Dengan ilmu, semua makhluk Allah bisa kita kuasai. Gunung, laut, angkasa, tumbuh-tumbuhan dan binatang buas sekalipun. Kita akan menjadi manusia terbaik yang  memakmurkan dunia. Dengan ilmu pula, kita akan mendapatkan kebahagian di dunia dan akherat, amin.
Sebaliknya, tanpa ilmu, manusia hanya akan menjadi seonggok daging, yang tak berarti apa-apa. Kita hanya akan menjadi manusia yang terbuang dari dunia. Naudzubillah min ndalik.
Hadirin yang berbahagia....
Sebagaimana telah saya sebutkan di awal, bahwa diantara manfaat ilmu adalah agar kita bisa mendapatkan kebahagian di dunia dan akherat.  Rasulullah saw bersabda :
من اراد الدنيا فعليه بالعلم ومن اراد الاخرة فعليه بالعلم ومن اراد هما فعليه بالعلم
“ Barangsiapa menghendaki dunia maka hendaknya ia berilmu, barangsiapa menghendaki akherat maka hendaknya ia berilmu, dan barangsiapa menghendaki keduanya maka hendaknya ia berilmu”.
Dari hadits di atas bisa kita simpulkan, betapa pentingnya ilmu bagi kehidupan manusia. Untuk bisa membuat kue kita harus belajar cara membuatnya. Agar mampu berceramah dengan baik kita harus menguasai tekniknya dan materinya. Supaya ibadah kita sesuai tuntunan agama kita juga harus tahu ilmunya. Dan karena itulah, orang-orang yang berilmu memiliki kedudukan yang tinggi di hadapan Allah. Allah juga  mengangkat derajat orang-orang yang berilmu beberapa derajat di atas orang-orang yang tidak berilmu.
اعوذ بالله من الشيطا ن الرجيم
بسم الله الرحمن الرحيم

يرفع الله الذين امنوا منكم والذين اوتوا العلم درجات

 “Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan beberapa derajat”.
Hadirin yang dirrahmati Allah..
Kewajiban mencari ilmu itu tidak terbatas umur, waktu dan tempat. Di manapun, kapan pun, dari manapun, dari siapapun  kita tetap harus mencari ilmu. Hanya liang lahatlah yang akan menghentikan langkah kita dalam mencari ilmu. Karena, dengan ilmulah kita akan menjadi manusia insan kamil. In sya Allah, amin.
Hadirin yang berbahagia..
Demikian yang dapat saya sampaikan. Buah pepaya manis rasanya, mohon maaf jika ada salah kata.Wabillahi taufiq wal hidayah
والسلا م عليكم ورحمة الله وبركاته

Post a Comment