13 September 2015

5 Tips Mendidik Anak Gemar Membaca




 Siapa yang tidak senang anaknya gemar membaca ? Membaca adalah aktivitas yang sangat bermanfaat bagi anak. Dengan keahlian membaca kelak anak akan lebih mudah untuk menjelajah dunia dan mengatasi tantangannya. Tapi apakah semua anak gemar membaca ? bagaimana agar anak menjadi suka membaca ?
Seperti halnya keahlian yang lain, keahlian membaca juga melalui beberapa tahapan. Dari mulai mengenal huruf, membaca dengan mengeja, membaca lancar tapi belum mengerti makna lalu membaca disertai pemahaman akan apa yang dia baca. Baik itu yang tersurat maupun tersirat.
Demikian dasyatnya efek membaca maka sudah semestinya orangtua mendidik anak gemar membaca sejak dini. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan oleh orangtua :
1.      Mendongeng sebelum tidur
Pendengaran adalah alat panca idera yang lebih awal berkembang dengan sempurna. Sehingga walau masih di dalam perut ibunya, sang calon bayi sudah mampu mendengar suara-suara dari alam dunia. Maka gunakan kesempatan tersebut dengan sering-sering berkomunikasi dengan anak.
Secara naluri anak-anak senang jika mendengarkan dongeng. Fantasi mereka akan berkembang pesat. Mendongeng menurut penelitian bisa membentuk karakter anak. Saat anak akan tidur dan kemudian tertidur frekuensi gelombang otaknya berada dalam posisi alpha  lalu ke posisi theta. Posisi yang paling baik menurut para ahli untuk pemograman alam bawah sadarnya.
Kita ketahui bahwa alam bawah sadar 88% mempengaruhi prilaku manusia dalam menjalani kehidupan. Sedang 12% sisanya berasal dari alam sadar. Maka alangkah ruginya jika orangtua yang notabene adalah penanggungjawab akan pendidikan anaknya tidak mensugesti anak untuk gemar membaca lewat aktivitas mendongeng.
2.      Memberi hadiah berupa buku
Saat-saat yang menggembirakan bagi anak  seperti waktu kenaikan kelas, ulang tahun, telah melaksanakan tugas dan lain-lain maka jadikanlah buku sebagai hadiah yang menarik. Pilihlah buku yang bisa membuat anak akan semakin gemar membaca.
3.      Mengajaknya ke toko/pameran /perpustakaan
“Witinng tresno jalaran soko kulino”. Setiap kota pasti memiliki perpustakaan dan toko buku. Jadikan tempat tersebut sebagai tujuan wisata keluarga. Biarkan mindset anak terbentuk sejak kecil bahwa menghilangkan penat tidak hanya bisa dilakukan dengan berwisata ke tempat-tempat  yang menawarkan pesona alam. Tapi perpustakaan/pameran buku/toko buku bisa menjadi tempat tujuan utama.
Dengan sering mengajak anak ke perpustakaan/pameran buku/toko buku tentu akan menumbuhkan rasa senang, penasaran dengan isi buku, jika sudah penasaran maka sangat mungkin  dia akan tertarik untuk membukanya. Awalnya hanya gambar yang ia amati tapi lambat laun pasti dia akan membacanya.
4.      Membuat perpustakaan di rumah
Sebisa mungkin buatlah perpustakaan sendiri di rumah, walaupun mungkin hanya di sudut rumah. Semakin banyak frekuensi anak bertemu  dengan buku, terutama buku-buku yang mereka minati maka akan menambah kegemaran mereka untuk membaca.
            Biarkan mereka membaca di manapun mereka merasa nyaman. Mungkin di ruang tamu, di kamar, di teras, hingga di ruang makan. Dan biarkan pula mereka membaca dengan posisi sesuka mereka tidak hanya duduk tegak saja. Suasana dan rasa santai akan menambah keasyikan anak-anak membaca.
5.      Menjadi  orangtua pembaca
Jadilah teladan bagi anak. Karena anak adalah peniru ulung. Dia akan lebih mudah untuk menyukai buku, menyukai aktivitas membaca jika dia melihat bahwa orangtuanya tidak hanya pintar menyuruh tapi juga mempraktekkannya juga.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Post a Comment