01 September 2015

Memilih Sekolah Yang Tepat


Salah satu hal yang begitu banyak menyita perhatian orangtua adalah masalah sekolah anak. Setiap menjelang bulan Mei-Juni dimana masa studi anak di sekolah sudah hampir selesai biasanya para orangtua mulai mencari-cari info tentang sekolah lanjutan, info tersebut mereka peroleh dari teman, spanduk, medsos, dll. Ketika usia anak masih kanak-kanak, orang tua cenderung memilihkan sekolah  tanpa minta persetujuan dari anak. Berbeda jika smp, sma dan kuliah, sang anak biasanya di ajak berunding dulu.
Pendidikan untuk anak sejatinya adalah tanggungjawab orangtua, bukan sekolah ! Akan tetapi, di zaman sekarang, zaman di mana semakin jarang orangtua yang memiliki waktu cukup untuk bersama anaknya sendiri dikarenakan semakin sibuk dengan profesinya masing-masing maka memilih sekolah yang tepat bagi anak merupakan hal penting dan menjadi kewajiban orangtua.
 Sekolah yang berkualitas, bagus, favorit belum tentu sekolah yang tepat bagi anak.  Sekolah yang tepat adalah sekolah dimana anak akan mendapatkan pendidikan secara seimbang antara sikap pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan kebutuhan anak. Walaupun begitu, untuk keberhasilan pendidikan sikap bagi anak peran orangtua sangat dibutuhkan dan berpengaruh secara signifikan. Jika orangtua tidak mendukung pembentukan sikap dengan menyediakan lingkungan rumah dan sekitar rumah yang kondunsif apalagi jika orangtua justru memberikan lingkungan yang negatif bagi perkembangan sikap anak maka sebaik apapun sekolahnya sebagus apapun kualitas sekolah, tingkat keberhasilan pendidikan sikap tidak akan bisa sesuai harapan.
Nah sebagai bentuk dari tanggungjawab maka para orangtua sudah semestinya mempertimbangkan 5 hal pokok dalam memilih sekolah yang tepat untuk anak, yaitu :
1.       Minat dan Bakat Anak
Jika orangtua menjadi dokter, polisi atau pengusaha belum tentu si anak punya cita-cita dan bakat yang sama dengan orangtua, meski tidak dapat dipungkiri memang ada bakat yang bersifat genetik/keturunan. Masalahnya bagaimana Bila anak punya bakat dan minat yang jauh berbeda dengan orangtua ? Maka usahakan mencari sekolah yang mau dan mampu menfasilitasi bakat dan minat anak. Jangan memaksa anak dengan menjadikannya seperti boneka karena sesungguhnya anak kelak akan menjalani dunianya sendiri.
2.      Profil Tenaga Pendidik
Ada pepatah, guru kencing berdiri murid kencing berlari. Maka jika ingin anak kita mendapatkan pendidikan yang berkualitas carilah sekolah yang memiliki guru –guru ber berkualitas.  Guru-guru yang berkompeten dibidangnya. Guru-guru yang mempunyai komitmen tinggi dalam pendidikan. Guru-guru yang memahami kebutuhan anak didiknya.
3.      Sistem Pembelajaran dan Lingkungan Pembelajaran
Yang tak kalah pentingnya adalah sistem dan lingkungan pembelajaran. Sistem dan lingkungan pembelajaran yang baik akan memjadikan suasana pembelajaran berjalan dengan nyaman. Rasa nyaman akan memudahkan anak menyerap semua ilmu. Baik aspek sikap, pengetahuan maupun ketrampilan.
4.      Biaya Pendidikan
Nah, ini yang biasanya malah jadi pertimbangan utama orangtua, maunya  sih mencari sekolah yang murah apalagi gratis. Wajarlah namanya manusia. Sukanya irit. Cenderung pelit. Kecuali mereka yang dermawan, yang memahami bahwa tanpa biaya proses pendidikan di sekolah sesungguhnya tidak akan berjalan sesuai harapan. Tapi dengan semakin menjamurnya sekolah sekolah baru maka semakin banyak pilihan bagi orangtua untuk memilih sekolah sesuai dengan keuangan keluarga.
5.      Jarak
Jika sekolah yang tepat sudah ada di dekat rumah maka bersyukurlah, berarti orangtua tidak perlu susah susah memikirkan soal antar jemput sekolah. Tapi bila sekolah yang dimaksud berada jauh dari rumah maka sesesungguhnya jarak yang jauh bukanlah penghalang bagi orangtua untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk anaknya.

                        Demikian  5 hal pokok dalam memilih sekolah yang tepat untuk anak. Sekolah tersebut tidak memandang negeri atau swasta, favorit atau biasa, mewah atau sederhana, murah atau mahal.



Post a Comment